Bantu Pemulihan Ekonomi Regional Melalui Penyelenggaraan 3rd Sumatranomics 2022

Kegiatan launching dan webinar nasional 3rd Sumatranomics 2022 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 3rd Sumatranomics 2022 yang akan berlangsung sampai dengan Oktober 2022, sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang perkembangan ekonomi dan isu strategis yang terjadi di wilayah Sumatera, sekaligus menggali rekomendasi dan solusi kreatif untuk mengatasi berbagai kendala terutama dalam situasi post pandemic COVID-19. 3rd Sumatranomis 2022 ini merupakan kegiatan kolaboras antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia dan Dewan Riset dan Inovasi Provinsi Sumatera Utara.

Selain itu, 3rd Sumatranomics 2022 dimaksudkan untuk menjaring karya tulis baik dari akademisi dan praktisi maupun mahasiswa, khususnya terkait strategi dalam mendukung prioritas pemulihan ekonomi Sumatera di tengah pencapaian herd immunity dan dampak spillover krisis global melalui 5 (lima) kebijakan utama. Kebijakan utama yang dimaksud di antaranya adalah stimulus fiskal-moneter, transformasi sektor keuangan, digitalisasi ekonomi dan keuangan, transformasi sektor riil, dan ekonomi keuangan hijau.

Kegiatan 3rd Sumatranomics 2022 dibuka dengan sambutan dan pemaparan singkat mengenai pemulihan ekonomi terkini oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, bapak Doddy Zulverdi. Dilanjutkan dengan Penyampaian Sambutan oleh Gubernur Sumatera Utara, bapak Edy Rahmayadi. Selanjutnya, diiringi dengan kegiatan webinar nasional yang sangat interaktif dengan menghadirkan narasumber handal dan terpercaya yakni Direktur Eksekutif CSIS, bapak Yose Rizal Damuri, PhD, Ketua BSBI dan Dewan Penasihat KADIN, bapak Muhammad Edhie Purnawan, PhD dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajeen IPB, bapak prof. Dr. Muhammad Firdaus, SP, M.Si yang dimoderatori oleh Ibu Sofie Syarief selaku News Anchor Kompas TV. Turut pula disampaikan materi yang sangat baik oleh para narasumber pada kegiatan ini, diantaranya :

  • Bapak Yose Rizal Damuri PhD menyampaikan bahwa terdapat potensi besar melalui Transformasi ke Green Economy dan reformasi kebijakan dalam menjawab tantangan seperti ketidakpastian global, ancaman inflasi, serta menjamin inklusifitas dan pemerataan, dan penggunaan teknologi.
  • Prof. Dr. Muhammad Firdaus menyampaikan bahwa, Terdapat solusi pembangunan yang jangan melupakan kondisi lingkungan serta substitusi import dan peningkatan ekspor melalui inovasi pada sektor pertanian.
  • Bapak Muhammad Edhie Purnawan, PhD, Menghimbau terkait strategi Peningkatan produktifvitas tenaga kerja di Sumatera serta menciptakan entrepreneur untuk meningkatkan nilai tambah.

Antusiasme para peserta terlihat jelas dari awal hingga akhir kegiatan yang dimana kegiatan Webinar Nasional ini sangat interakfif mulai dari penyampaian pertanyaan dan sesi tanya jawab oleh para Akademisi yang berhadir secara langsung pada kegiatan ini hingga penyampaian pertanyaan oleh peserta yang berhadir secara online.

Kegiatan 3rd Sumatranomics ini dihadiri oleh kurang lebih 120 tamu undangan secara offline mulai dari Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Supervisi Bank Indonesia dan Penasehat KADIN, CSIS, Kepala Departemen Kantor Pusat Bank Indonesia, KPw Bank Indonesia se Indonesia, Pimpinan instansi vertical, BUMN, Perbankan, Asosiasi Prov sumut, rector dan pimpinan PT yang hadir secara langsung maupun virtual. Kegiatan ini juga dihadiri oleh lebih dari 500 peserta yang hadir secara online melalui kanal Zoom Meeting dan Youtube Bank Indonesia Sumatera Utara.

Disediakan souvenir menarik bagi para penanya terpilih selama sesi tanya jawab webinar berlangsung dan juga souvenir bagi seluruh peserta yang berhadir secara offline. Disediakan juga souvenir berupa voucher bagi lima peserta dengan skor games kahoot tertinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi para peserta 3rd Sumatranomics 2022.

Secara keseluruhan, acar berlangsung dengan sangat baik, lancer serta interaktif yang dibuktikan dengan banyaknya peserta online yang raise hand serta menuliskan pertanyaan di kolom chat.